Selasa, 03 Januari 2012

PBB Tetapkan 2012 Menjadi Tahun Koperasi Internasional

Majelis umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) resmi menetapkan tahun 2012 sebagai tahun koperasi internasional. Penetapan ini merupakan bukti kontribusi peran koperasi dalam upaya menurunkan angka  kemiskinan, penciptaan lapangan kerja dan integrasi sosial.
Sekjen PBB, Ban Ki-moon menyampaikan kepada masyarakat internasional untuk memberikan perhatian pada koperasi. Karena melalui koperasi dapat dicapai kemajuan ekonomi dan tanggung jawab sosial secara bersamaan. "Cooperatives are a reminder to the international community that it is possible to pursue both economic viability and social responsibility," demikian disampaikan sekjen PBB, Ban Ki-moon seperti dikutip dalam situs resmi PBB.
Penetapan tahun 2012 sebagai tahun koperasi ditetapkan dalam resolusi PBB bernomor A/RES/64/136. Resolusi ini mengikat seluruh anggota PBB. Seluruh negara anggota PBB diminta untuk membuat program yang mengkampanyekan koperasi.
Tujuan dari tahun koperasi internasional yaitu:
  • Meningkatkan perhatian publik tentang koperasi dan kontribusinya terhadap pembangunan sosial ekonomi dan pencapaian Millennium Development Goals (MDGs).
  • Mempromosikan pembentukan dan pertumbuhan koperasi.
  • Mendorong pemerintah-pemerintah untuk membuat kebijakan, hukum, dan peraturan yang kondusif untuk pembentukan, pertumbuhan dan stabilitas koperasi.
PBB bahkan secara khusus membentuk komite untuk mempromosikan koperasi keseluruh dunia. Dalam menyambut tahun  2012 sebagai tahun koperasi, sebuah slogan telah diciptakan untuk itu. “Co-operative enterprises build a better world” . Dalam bahasa Indonesia bermakna: “Koperasi membangun dunia yang lebih baik”. Tunggu apalagi, mari membangun dunia yang lebih baik bersama koperasi.

sumber : http://www.kopemas-aceh.com/index.php/info/koperasi/142-pbb-tetapkan-2012-menjadi-tahun-koperasi-internasional

BERITA TERKINI

ARSIP POST